Selasa, 28 April 2009

Charmander

Charmander adalah nama untuk salah satu spesies karakter fiksi dari serial Pokémon.

1. Profil

Charmander, yang berbasis nama dari seekor salamander mistis di zaman kuno yang tahan ketika dibakar dengan api adalah sebuah spesies Pokémon jenis reptile, yang merupakan penggabungan dari salamander dan sedikit sentuhan dinosaurus. Ia memiliki ciri khas, yaitu api yang menyala di bagian ekornya, yang sudah ia dapatkan sejak lahir. Diyakini jika api tersebut padam, Pokémon jenis Charmander ini mati, meskipun belum pernah ada cerita dalam serial TV, manga, atau video game yang menjelaskan hal ini secara mendetail.


Dikarenakan bisa menyemburkan api, kadang-kadang fans Pokémon juga menyebut Charmander sebagai Pokémon jenis naga. Bersama Magmar, Charmander adalah jenis yang mempunyai api di bagian ekornya.

2. Kemampuan


Charmander dapat menyemburkan api, yang kemudian menjadi ciri penjelas bahwa ia adalah Pokémon jenis api. Tetapi kemampuan ini sangat berhubungan dengan kesehatan dan kekuatan Charmander, sehingga bila ia terlalu banyak menyemburkan api, maka energinya akan berkurang. Seiring waktu dan bentuk evolusi, Charmander dapat mengetahui dan mempelajari beragam tipe teknik serangan api seperti Flamethrower dan Fire Blast. Ia juga dapat mempelajari Dragon Rage, tetapi untuk yang satu ini hanya dapat kita dapatkan dalam video game G2 (Pokémon Gold dan Silver).

Dalam video game, Charmander ditujukan bagi mereka yang ingin bermain dalam tingkat kesulitan hard. Sebab dua gym leader yang akan kita hadapi merupakan gym leader dimana Charmander akan kesulitan untuk mengatasi Pokémon-Pokémon jenis tersebut (Brock sebagai pakar Pokémon batu, dan Misty sebagai pakar Pokémon air). Selain itu, sifat dari Charmander sesekali juga agak bandel dan sulit diatur. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu ciri khas Charmander dibandingkan dengan Squirtle atau Bulbasaur


3. Habitat


Charmander termasuk langka bila kita berusaha untuk menemukannya di alam liar. Terkadang mereka bisa ditemui di daerah dengan kondisi panas yang ekstrim seperti gunung berapi. Bentuk evolusi kedua dari Charmander, yaitu Charizard dapat kita temukan dalam game di Charicfic Valley. Tetapi mereka sangat sulit untuk bisa ditangkap.


4. Serial animasi

Nama Charmander tersebut dalam episode pertama serial Pokémon, Pokémon - I Choose You!, sebagai salah satu dari tiga starter Pokémon di lab Professor Oak seperti dalam video game. Ash Ketchum bermimpi untuk memiliki salah satu diantara mereka, dimana Charmander jatuh pada pilihan posisi ketiga setelah Squirtle dan Bulbasaur. Sayangnya ketika ia tiba di laboratorium Professor Oak, ia terlambat, dan tiga Pokémon tadi sudah diambil oleh Gary Oak. Sebagai pengganti, Professor Oak akhirnya memberikan Ash seekor Pikachu, yang terkenal bandel dan sulit diatur.

Di episode Charmander the Stray Pokémon, Ash, Misty, dan Brock mendapati seekor Charmander yang ditinggalkan oleh pemiliknya, Damian, karena ia kesulitan untuk mengurus dan mendidik Charmander yang agak bandel tersebut. Charmander yang Ash temukan tidak masu bergerak dari tempatnya di atas batu, karena ia masih menunggu Damian yang mungkin akan kembali. Tak lama berselang turunlah hujan, dan Charmander tersebut sakit. Akhirnya Ash kemudian mengangkatnya sebagai peliharaan miliknya, kemudian Charmander tersebut berevolusi menjadi Charmeleon dan Charizard. Meski sudah berkembang dengan pesat, tetap saja sifat aneh dari Charmander tersebut tidak hilang, salah satunya ia sering menyemburkan api kepada Ash, dan yang paling menyakitkan saat ia mendadak tidur dalam pertarungan di liga Pokémon yang akhirnya mengakibatkan Ash kalah dan didiskualifikasi.

Ritchie mempunyai seekor Charmander yang kemudian diberi nama Zippo, yang memulai debutnya di episode A Friend In Deed. Dalam suatu waktu sebelum jalan cerita di Whirl Islands, Zippo berevolusi menjadi Charmeleon.

Dalam Journey to the Starting Line, Gilbert memulai karir petualangannya sebagai Pokémon Trainer. Tetapi tiga Pokémon starter yang akan ia pilih salah satunya ketakutan dan kabur saat Tauros milik Ash mengacau di rumah Professor Oak. Prof. Oak, Tracey Sketchit, Delia Ketchum, dan Gilbert bertarung dengan waktu untuk bisa mendapatkan kembali ketiga Pokémon yang kabur tersebut. Charmander menjadi Pokémon pertama yang berhasil ditemukan. Tracey menemukannya dalam keadaan bahaya saat akan jatuh ke air terjun, tetapi Mimey berhasil menyelamatkannya dengan mengunakan tenaga psikis untuk menarik ketiganya (Squirtle, Bulbasaur, dan Charmander) ke tanah yang kering.

Seekor Chamander lain terlihat bersma Professor Oak dalam episode A Six Pack Attack!, kembali bersama Bulbasaur dan Squirtle. Lainnya terlihat dalam episode The Right Place and The Right Mime, lagi-lagi bersama Bulbasaur dan Squirtle.

Charmander menjadi bintang utama dalam Pokémon Mystery Dungeon: Team Go-Getters out of the Gate! Sebagai pemimpin dari tim Team Go-Getters.


5. Video game

Charmander tampil sebagai Pokémon starter dalam video game Pokémon Red dan Blue, serta Pokémon FireRed dan LeafGreen bersama Squirtle dan Bulbasaur. Sementara dalam Pokémon Gold dan Silver serta Pokémon Ruby dan Sapphire, Charmander hanya bisa didapatkan dengan memakai kode curang game shark atau saling bertukar antar trainer.


6. Evolusi

---Charmeleon

Bentuk evolusi pertama dari Charmander adalah Charmeleon. Charmander berubah menjadi Charmeleon di level 16. Charmeleon merupakan wujud remaja dari Charmander, dengan ukuran tubuh dan berat yang mencapai dua kali lipat dari Charmander. Walaupun begitu, di tingkat ini ia belum bisa terbang karena belum muncul sayap pada tubuhnya.


---Charizard

Charmeleon berubah menjadi Charizard di level 36. Di bentuk ini, tubuhnya menjadi dua kali lipat dari bentuk tubuhnya sebagai Charmeleon. Selain itu kali ini ia juga sudah mempunyai sayap, dan bisa terbang seperti naga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar